PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

, Implementasi Penilaian Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean.

SARIFAH AINI PUTRI - Nama Orang;

Kata Kunci: Penilaian, Kurikulum 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana penilaian berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS yang
dilakukan guru IPS di kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean;
Kedua, Problem apa saja yang dihadapi oleh guru IPS dalam melaksanakan
penilaian berbasis kurikulum 2013 di kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah
Tlontoraja Pasean; Ketiga, Bagaimana cara guru IPS mengatasi problem yang
dihadapi dalam melaksanakan penilaian berbasis kurikulum 2013 di kelas VII
MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian
meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam
pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat
kepercayaan yang meliputi triangulasi.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Pertama, guru yang ada di
MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean melaksanakan proses penilaian.
Penilaian yang dilaksanakan dan dilampirkan di dalam RPP memiliki tujuan
sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan tindak lanjut dalam melaksanakan
proses pembelajaran. Penilaian untuk hasil belajar siswa berbasis kurikulum 2013
terdapat tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Setiap
aspek itu memiliki acuan kriteria dalam proses penilaiannya; Kedua,
Problem/masalah yang dihadapi para guru di MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja
Pasean dalam pelaksanaan penilaian seperti terlalu banyaknya pekerjaan yang
harus dilakukan oleh guru, selain sebagai pengajar, guru juga memiliki
tanggungjawab untuk menilai dari hasil belajar siswanya. Selain problem yang
dihadapi oleh guru, siswa juga mengalami problem terkait dengan proses
penilaian berbasis kurikulum 2013. Sebagian siswa mengalami kesulitan dalam
mencerna pelajaran yang disampaikan oleh guru dikarenakan tidak adanya
pendalaman materi yang diberikan oleh guru; Ketiga, Cara guru IPS mengatasi
problem yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian berbasis Kurikulum 2013 di
kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean yaitu melalui kepala sekolah
dengan melakukan beberapa usaha mengadakan pertemuan MGMP (Musyawarah
Guru Mata Pelajaran) yang rutin dilakukan sebulan sekali serta mengadakan
musyawarah yang tidak resmi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran untuk
saling bertanya dan saling memberi saran


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021066 SAR I
182021066
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021066 SAR I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
x+69, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021066
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENILAIAN PENDIDIKAN
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
066
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?