PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Puzzle Di Ra B As Syahidul Kabir I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan

ANI FITRIA - Nama Orang;

Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Puzzle.
Melalui permainan pembelajaran akan terasa menyenangkan dan dapat diserap anak dengan maksimal. Permainan juga dapat meningkatkan perkembangan anak termasuk perkembangan kognitif. Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak Ra B usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media puzzle dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun Di Ra B As Syahidul Kabir I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan.
Jadi harapan buat guru kedepannya harus bisa fokus dan memberikan sesuatu yg menarik pada saat pembelajaran, sehingga penggunaan metode bermain sambil belajar lebih efektif pada saat diterapkan. Sedangkan untuk siswa harus bisa fokus pada saat guru menerangkan di depan kelas jangan sibuk bermain dengan sendirinya dan pihak sekolah harus bisa memberikan pembiasaan sejak usia dini kepada siswa-siswinya untuk memperhatikan gurunya pada saat waktu menerangkan dan memberikan ice breaking yg menarik agar pembelajaran di dalam kelas menjadi aktif dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode dalam penelitian yang digunakan adalah bermain sambil belajar. Menggunakan siklus-siklus yakni siklus I dan SViklus II dalam penelitian berjumlah 33 anak. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengukuran teks, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menghitung rata-rata nilai setiap indikator pengelolaan pembelajaran selama dua kali pertemuan, untuk melihat perbedaan peningkatan perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran dan pemecahan masalah anak sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak di Ra B. terbukti bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif sebelum dan sesudah penggunan media puzzle dapat membantu untuk menstimulus perkembangan kognitif anak, terutama pada perkembangan pemecahan masalah di Ra B usia 5-6 tahun.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 162021041 ANI P
162021041
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162021041 ANI P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
Xiii+83, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162021041
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan Anda
SKRIPSI PIAUD 2021
Info Detail Spesifik
041
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?