PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Meningkatkan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Bilangan Kartu Kata Pada Anak Usia Dini Di Paud Hidayatullah Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan

Yuliana zulfaidah - Nama Orang;

Kata Kunci: Lambang Bilangan, Bermain Bilangan Kartu Kata, Anak Usia
Dini
Anak usia dini saat belajar lambang bilangan pertama-tama meraka
terlebih dulu mempelajari tentang nama-nama dari masing- masing bilangan
terlebih dahulu tetapi anak belum memahami maksud dari lambang itu sendiri.
Anak pertama-tama dapat menyebutkan angka mulai dari satu, dua, tiga belum
mampu untuk memahami dan juga mengidentifikasi angka 1 dengan benda
yang berjumlah satu. Angka 2 dengan benda berjumlah dua. Seringkalianak
menyebutkan bilangan- bilangan secara acak namun hal tersebut hanya seperti
kata-kata yang tidak bermakna saja untuk anak.
Sedangkan bilangan sendiri merupakan suatu objek matematika yang
sifatnya abstrak dan termasuk juga ke dalam unsur yang tidak didefinisikan.
dan Untuk menyatakan yang suatu bilangan dengan lambang bilangan yang
disebut angka. Bermain merupakan salah satu cara dalam suatu
mengembangkan kemampuan kogniti anak terutama dalam mengenal lambang
bilangan. Permainan anak merupakan sebuah bagi kegiatan yang mengaktifkan
fisik motorik serta sebuah setting yang sempurna bagi latihan ini. Permainan
juga dpat diartikan dengan salah satu makanan/ asupan untuk anak didik agar
kompetensi yang dimiliki oleh anak dapat berkembang dengan cara yang
menyenangkan bagi anak. Dan sebuah tindakan yang digunakan untuk bermain
agar dapat menghibur anak pada saat pembelajaran, dan anak tidak merasakan
kebosanan didalam kelas. Dan merupakan sebuah karya yang dapat diciptakan
oleh guru tertentu.
Penelitian ini menggunakan penelitian ini tindakan kelas. Sumber data
penulis menggunakan siswa-siswa Paud Hidayatullah. Adapun metode
pengumpulan datanya menggunakan observasi, pengukuran tes. Sedangkan
tekhnik analisis datanya. observasi aktivitas guru dan siswa, hasil wawancara,
hasil catatan dilapangan, data ini dianalisis berupa deskripsi dalam bentuk
penarikan kesimpulan. Sedangkan data hasil evaluasi siswa dan hasil observasi
aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan angka-angka dan dengan
menggunakan analisis deskriptif presentase.
Hasil yang didapatkan dalam upaya meningkatkan pengenalan lambang
bilangan melalui bermain bilangan malalui kartu kata yaitu pada siklus 1
terdapat masih 50% anak yang meningkat karna mungkin terdapat beberapa hal
sehinga meskipun menggunakan media anak masih sulit untuk mengerti, maka
dari itu peneliti melanjutkan pada siklus 2 peneliti lebih telaten dalam mengajar
anak sehingga anak dapat memahami apa yang peneliti jelaskan dengan
menggunakan media kartu kata dan hasil dari siklus 2 anak lebih banyak yang
bisa sehingga 71% anak bisa mengerti dalm proses pembelajaran ini dan
pembelajaran menggunakan kartu kata di katakan berhasil


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGASA AKHIR) 162022028 YUL U
162022028
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162022028 YUL U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xi+66 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162022028
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI PIAUD 2022
Info Detail Spesifik
028
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?