PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan

Afrida Yuli - Nama Orang;

Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak.
Strategi adalah suatu prosedur yang akan digunakan untuk memperoleh sebuah
kesuksesan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kepala PAUD adalah seorang
pemimpin yang memimpin suatu lembaga pendidikan khususnya pendidikan PAUD
yang mengelola serta menggerakkan bawahannya (guru dan siswa) untuk mencapai
tujuan pendidikan. Nilai-Nilai agama dan moral marupakan pembelajaran suatu
perkembangan sikap, watak, adat istiadat seorang anak untuk benar-benar diperhatikan.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan
Pamekasan, guru dan siswa yang masih belum menerapkan strategi tersebut dalam
mengembangkan nilai-nilai agama dan moral pada anak, hal ini disebabkan kurangnya
sikap Pembisaan atau pengulangan, keteladanan dan kemitraan seorang pemimpin
fenomena yang menarik yang ditemukan peneliti di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen
Palengaan pamekasan. Berdasarkan hal tersebut ada 2 fokus dalam penelitian ini yakni:
Pertama Untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan NilaiNilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen
Palengaan Pamekasan. Kedua Untuk Mengetahi Apa Saja Kendala Kepala Sekolah
Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini di KB
Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan.
Janis penelitian yang digunakan peneliti di lapangan menggunakan metode
pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yang di arahkan untuk mendeskripsikan
bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada
anak usia dini di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan, serta untuk
mengetahui apa saja kendala kepala skolah dalam mengembangkan nilai agama dan
moral anak, sumber data dalam penelitian ini yaitu dari kepala sekolah, dan guru KB
Al-Miftah PPMU Panyeppen, teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil
penelitian meningkatkan ketekunana dan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Strategi Kepala Sekolah Dalam
Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen
Palengaan Pamekasan sudah baik namun kurang maksimal hal ini bisa dilihat ketika
strategi kepala sekolah tersebut sudah dilaksanakaan seperti strategi pembiasaan yaitu
vi
ketika anak baru datang bersalam-salaman membaca do’a sebelum belajar dan sesudah
belajar, praktek solat, belajar suroh-suroh, dan do’a-do’a olahraga bersama. Kedua,
strategi keteladanan yaitu diterapkannya kedisiplinan, kejujuran, semangat untuk
mengisi kegiatan keagamaan dan saling menghargai antara guru dan siswa, karena
untuk membudayakan disiplin yang baik maka harus dimulai dari diri sendiri, tidak
akan ada disiplin dari orang yang dipimpin apa bila tidak mampu menampilkan
kedisiplinan pada diri kita sendiri, Ketiga, strategi kemitraan yaitu keterlibatan seluruh
warga sekolah dalam kegiatan-kegiatan keagamaan serta melakukan kerja sama dengan
orang tua murid, masyarakat, dimana dengan kerjasama ini pihak sekolah terbantu
dalam memantau tingkah laku siswa-siswinya didalam dan diluar lingkungan sekolah.
Kemudian kendala kepala sekolah dalam mengembangkan nilai agama dan moral mesti
banyak rintangan atau kekurangan yitu dilahat dari sarana dan prasaran yang kurang
memadai serta pengaruh lingkungan negative yang kurang baik untuk tumbuh
kembang anak sehingga masih banyak anak yang kecanduan Hp yang diperoleh dari
luar dengan hal itu perkembangan dan daya Tarik pembelajaran anak menurun


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGASA AKHIR) 162022036 AFR S
162022036
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162022036 AFR S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiv+97 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162022036
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Strategi Pembelajaran
SKRIPSI PIAUD 2022
Info Detail Spesifik
036
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?