PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Metode Mendongeng Terhadap Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sebuah Studi Kasus Terhadap (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan

Husnul Khotimah - Nama Orang;

Kata Kunci: Mendongeng, ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti dalam mengungkapkan yang
dilakukan oleh pihak TKIT Al-Uswah Pamekasan dalam Metode Mendongeng Terhadap
Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sebuah Studi Kasus Terhadap
(Gilang) dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Metode
Mendongeng Terhadap Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Kusus (ABK) Sebuah Studi
Kasus Terhadap (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian
ini, yaitu: Upaya guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan
kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan? Apa saja kendala yang di alami guru
dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di
TKIT Al-Uswah Pamekasan? serta bagaimana solusi guru dalam menghadapi kendala
menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT
Al-Uswah Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatannya yang digunakan pada
penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif studi kasus. Data yang diperoleh dari penelitian ini,
yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh
melalui Guru Kelas TK A1 Al-Uswah serta orang tua (Gilang). Adapun teknik analisis datanya
menggunakan mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit,
melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan
dipelajari. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber
untuk menvalidkan hasil penelitian untuk menggali data agar data yang dihasilkan memiliki
data yang valid menggali kebenaran informasi tertentu melalui berbagai metode dan sumber
perolehan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Upaya guru dalam menerapkan metode
mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan
adalah dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu: mulai dari anak memilih buku dongeng
sendiri sesuai dengan yang terlihat menarik dari apa yang anak lihat dari segi gambar cover
kemudian dia mulai tertarik dengan halaman gambar berikutnya lalu penasaran dan
membacanya. Selain itu juga didukung dengan adanya media saat pembelajaran, seperti
banyaknya pemilihan buku dongeng sehinnga anak tidak merasa bosan, serta pemilihan buku
dongeng yang memiliki gambar yang menarik dengan tujuan akan lebih menarik perhatian
anak dalam memperhatikan guru dalam melakukan mendongeng. menerapkan meteode
mendongeng terhadap anak berkebutuhan khusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah. Kedua
dengan ketiga, Kendala serta Solusi guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap
anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan adalah: pertama anak
yang memiliki konsentrasi yang sedikit hanya bisa memperhatikan 5 menit saja, factor
lingkungan, kedua kesiapan/kondisi anak, solusinya ialah guru harus lebih aktif lagi untuk bisa
mengambil daya konsentrasi anak dengan cara banyak nyanyi melakukan ice breaking serta
melakukan sehingga daya konsentrasinya terpancing untuk bisa kembali focus


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGASA AKHIR) 162022037 HUS M
162022037
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162022037 HUS M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiii+50 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162022037
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI PIAUD 2022
Info Detail Spesifik
037
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?