PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Iqro’ Melalui Media Puzzle Huruf Hijaiyah Di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan

Moh. Salim - Nama Orang;

Kata Kunci : Kemampuan Belajar, Membaca Iqro, Media Puzzle
Penelitian ini bertujuan untuk kmeningkatkan kemampuan membaca Iqro’
anak kelompok A di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur
Pamekasan melalui media puzzle huruf hijaiyah. Penelitian ini dilakukan karena
kemampuan membaca Iqro’ anak masih tergolong rendah hal ini disebabkan
kekurangan pembiasaan di sekolah dan guru kurang pengatahuan di bidang tersebut
dalam pemilihan bahan ajar dan media yang mendukung.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu :pertama bagaimana upaya guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca Iqro’ pada usia dini melalui media puzzle huruf
hijaiyah di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan secara
kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis Mc. Taggart.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Nuruz Sufyan Liridlallah
Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan yang berjumlah 12 anak yang terdiri
dari 8 laki-laki dan 4 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah
kemampuan belajar membaca Iqro’ melalui media puzzle huruf hijaiyah. Metode
yang digunakan dalam penggumpulan data adalah lembar observas ianak. Teknik
analisis data penelitian menggunakan nilai persentase yang di capai anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media puzzle huruf hijaiyah
dapat meningkatkan kemampuan membaca Iqro’ anak kelompok A di RA Nuruz
Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan. Peningkatan ini
dapat di lihat dari hasil observasi yang meningkat setiap siklusnya. Hasil yang di
peroleh pada siklus I mencapai 70% dan pada siklus yangke II meningkat menjadi
80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle huruf
hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca Iqro’ anak


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 162022043 MOH U
162022043
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162022043 MOH U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
ix+60 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162022043
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Media Pembelajaran
SKRIPSI PIAUD 2022
Info Detail Spesifik
043
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?