PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Guru Dalam Mengatasi Disleksia Literasi Pemula pada Siswa Kelas I di SDN Somalang Pakong

Eka Wulandari - Nama Orang;

Kata kunci: Disleksia, Literasi, Pemula.
Pembelajaran di sekolah dasar utamanya adalah untuk menciptakan peserta
didik mampu dalam lancar membaca sehingga membaca pemulaan merupakan
sebuah hal yang sangat penting karena hal tersebut merupakan dasar dari
pendidikan sehingga jika membaca permulaan tidak dikuasi maka akan
menghambat siswa dalam proses belajar. Kesulitan membaca permulaan yang
dialami oleh siswa perlu mendapat perhatian lebih dari guru supaya siswa tersebut
dapat membaca dengan baik dan benar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama faktor-faktor apa sajakah yang
mempengaruhi disleksia literasi pemula pada siswa kelas I di SDN Somalang
Pakong, kedua bagaimanakah upaya guru dalam mengatasi disleksia literasi
pemula pada siswa kelas I di SDN Somalang Pakong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder.
Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan veritifikasi. Adapun pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi
sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, faktor yang paling
berpengaruh dalam terjadinya kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa
adalah intelegensi, psikologis, dan lingkungan keluarga. Kedua, upaya yang
dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan tersebut
adalah memberi perhatian lebih kepada siswa dengan bentuk memberikan les
tambahan materi membaca setelah jam pulang sekolah sehingga siswa dapat
berkembang lebih jauh dari sebelumnya, selain itu guru melakukan kegiatan
literasi setiap hari di awal KBM dengan menggunakan buku- buku bacaan yang
bergambar


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022049 EKA U
152022049
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022049 EKA U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
x+61 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022049
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
049
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?