PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Model Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik di UPTD SDN PATARONGAN 1 Tahun Ajaran 2021/2022

Siti Nurhalisa - Nama Orang;

Kata Kunci: STEM Project Based Learning, Berpikir Kreatif Siswa
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran tematik di
UPTD SDN PATARONGAN 1 tahun ajaran 2021/2022. Tujuan lainnya peneliti
ingin mengetahui seberapa besar pengaruh model Science, Technology,
Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah diterapkan pada pembelajaran tematik
dikelas V.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain preeksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di UPTD SDN Patarongan 1. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang di gunakan
adalah kelas V sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data pengujian hipotesis
menggunakan uji-t sampel berpasangan.
Hasil dari pengujian hipotesis persentase pengaruh kemampuan berpikir
kreatif siswa sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh nilai -thitung < ttabel <
thitung (-20,644 < 2,073 < 20,644 ) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan
hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa model Science, Technology,
Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan
berpikir kreatif siswa meningkat dengan data pretest rata-rata sebesar 34,64 dan
data posttest rata-rata sebesar 66,75 . berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka
dapat disimpulkan bahwa model Science, Technology, Engineering, Mathematics
(STEM) Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa kelas V pada pembelajaran tematik di UPTD SDN PATARONGAN
1 tahun ajaran 2021/2022.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022062 SIT P
152022062
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022062 SIT P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xi+61 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022062
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
062
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?