PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Analisis Gaya Belajar dan Pola Bermain Siswa terhadap Hasil Belajar Kelas IV-A di SDN Kolpajung 2

Nuri Sintiyawati - Nama Orang;

Kata Kunci: Gaya Belajar, Pola Bermain, Hasil Belajar
Gaya belajar dan pola bermain merupakan salah satu faktor belajar yang
penting terhadap hasil belajar. Setiap siswa tentu memiliki keunikan yang berbeda
gaya belajar dan pola bermainnya. Keunikan tersebut menunjukkan cara terbaik
siswa untuk memahami informasi yang diterima. Siswa sebaiknya mampu
mengenali gaya belajar dan pola bermainnya, begitu pula guru diharapkan
memahami bagaimana gaya belajar dari masing-masing siswa serta mengenali
bagaimana bentuk bermain yang dilakukan siswa agar proses pembelajaran dapat
berjalan efektif dan hal ini sebagai bentuk upaya guru dalam meningkatkan hasil
belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama bagaimana gaya belajar dan pola
bermain siswa kelas IV-A di SDN Kolpajung 2. dan Kedua bagaimana hasil analisis
gaya belajar dan pola bermain siswa terhadap hasil belajar kelas IV-A di SDN
Kolpajung 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif analisis. Sumber data yang diperoleh melalui observasi non partisipan,
wawancara semi struktur, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Adapun informasi
diperoleh dari kepala sekolah SDN Kolpajung 2, guru kelas IV-A, dan seluruh
siswa kelas IV-A. Peneliti mengecek keabsahan data melalui ketekunan
pengamatan dan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, siswa kelas IV-A
memiliki tiga tipe gaya belajar yakni gaya belajar visual yang mengandalkan
penglihatan, gaya belajar auditori yang mengandalkan pendengaran, dan gaya
belajar kinestetik yang mengandalkan gerakan tubuh. Di kelas IV-A didominasi
siswa dengan gaya belajar auditori. Sedangkan mengenai pola bermain siswa kelas
IV-A memiliki pola bermain aktif seperti bermain bersama teman, sedangkan
bermain pasif hanya menjadi hiburan bagi siswa dengan melihat teman bermain.
Dari keseluruhan siswa kelas IV-A didominasi siswa yang memiliki pola bermain
aktif. Kedua, gaya belajar dan pola bermain berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa siswa yang memiliki gaya belajar
kinestetik dengan pola bermain aktif mendapatkan hasil belajar sangat baik.
Kemudian siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan pola bermain pasif
hasil belajaranya sama dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan pola
bermain pasif yaitu baik. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar auditori
dengan pola bermain aktif mendapatkan hasil belajar cukup


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022082 NUR A
152022082
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022082 NUR A
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiii+105 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022082
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
082
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?