PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penanganan Anak Hiperaktif Dalam Pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Mela Nur Safitri - Nama Orang;

Kata Kunci: Penanganan, Anak Hiperaktif, Pembelajaran
Anak hiperaktif merupakan suatu pola perilaku pada seorang yang cenderung terlihat lebih
aktif di dalam kelas jika dibandingkan dengan siswa yang lainnya. Yang menunjukkan sikap
tidak mau diam, tidak terkendali, tidak menaruh perhatian dan impulsive (bertindak
sekehendaknya hatinya).
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus pembahasan yang menjadi kajian dalam
penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana perilaku anak hiperaktif dalam pembelajaran di SDI
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan ? kedua, hambatan apa saja yang dialami oleh guru
dalam menangani siswa hiperaktif dalam pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan? ketiga, Bagaimana cara guru dalam menangani siswa hiperaktif dalam pembelajaran
di SDI Matsaratul Huda Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau
menggambarkan fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi dilapangan selama penelitian
berlangsung secara alamiah (apa adanya). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah wali kelas III, wali kelas V, guru
Matematika, guru Olahraga, siswa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan trianggulasi
sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perilaku anak hiperaktif di SDI Matsaratul
Huda Panempan Pamekasan yaitu, mengganggu teman yang lainnya maupun saat proses
pembelajaran sedang berlangsung, sulit untuk duduk diam, mudah bosan, dan sulit
berkonsentrasi, keluar masuk kelas tanpa alasan saat pembelajaran sedang berlangsung. Kedua
hambatan guru dalam menangani siswa yang hiperaktif di SDI Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan yaitu, siswa hiperaktif sulit untuk duduk tenang, masih menganggu teman yang lain,
sering tidak mengerjakan tugas, tidak berkonsentrasi, mudah bosan dalam pembelajaran. Ketiga,
cara guru dalam menangani anak hiperaktif di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yaitu
diantaranya, menempatkan posisi duduk anak didepan dekat meja guru, menghindari penempatan
duduk anak didekat jendela, tidak memberikan hukuman yang terlalu berat atau tidak berlebihan
dirasa cukup efisien karena dengan begitu siswa hiperaktif akan merasa lebih bertanggung jawab
apa yang ia lakukan, memberikan reward, dan menggunakan media gambar dan metode
permainan


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022089 MEL P
152022089
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022089 MEL P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
ix+82 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022089
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
089
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?