PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Efektivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Dengan Menggunakan Metode Ceramah Di kelas VI MI Nurul Jihad Sana Laok Waru Pamekasan

Mabrurah - Nama Orang;

Kata Kunci: Metode Ceramah, SBdP.
Metode ceramah merupakan teknik penyajian yang diberikan guru atau
pendidik kepada peserta didik secara lisan. Sehingga peserta didik bisa
memperhatikan, mendengarkan, dan mencatat suatu materi yang telah di
sampaikan guru atau pendidik. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus
penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: pertama, Bagaimana
penerapan metode ceramah pada mata pelajaran SBdP di kelas VI MI Nurul Jihad
desa Sana Laok Waru Pamekasan. Kedua, Bagaimana gambaran efektivitas
penerapan metode ceramah pada mata pelajaran SBdP di kelas VI MI Nurul Jihad
Desa Sana Laok Waru Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi
terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala
sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan metode
ceramah yaitu terdapat beberapa langkah yang pertama ada tahap persiapan yaitu
dimana mempersiapakan alat tulis, mempersiapkan kehadiran siswa yang kedua
tahap pelaksanaan yaitu pembukaan di isi dengan do’a, penyampaian materi dan
penutup, dan untuk meminimalisir kejenuhan siswa dalam pembelajaran
menggunakan metode ceramah guru memberikan ice breaking diawal dan diselasela proses pembelajran. Kedua, dalam pembelajran seni budaya dan prakarya
dengan menggunaan metode ceramah membuat siswa tidak aktif serta kurangnya
pemahaman siswa terhadap materi sehingga metode ceramah pada mata pelajaran
seni budaya dan prakarya kurang efektif karena kurangnya fasilitas yang memadai
untuk itu diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran yang dapat
meminimalisir dalam penggunaan fasilitas untuk proses pembelajaran seni budaya
dan prakarya


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022099 MAB E
152022099
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022099 MAB E
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiii+76 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022099
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
099
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?