PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Media Miniatur dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V pada Materi Kenampakan Alam SDN Potoan Daya 2 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan

Ach. Ilham Romadhoni - Nama Orang;

Kata Kunci: Media Miniatur, Pemahaman, Siswa
Proses belajar mengajar merupakan sebuah komunikasi yang dilakukan
antara guru dan siswa. Dengan penggunaan media pembelajaran, dapat
mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Salah satunya
adalah media pembelajaran miniatur. Dimana dalam penggunaanya dapat
menggatikan objek yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas.
Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran adalah rendahnya
pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Berdasarkan
permasalahan tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan media miniatur dalam
meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi kenampakan alam SDN
Potoan Daya 2?, kedua, Bagaimana hasil penerapan media miniatur dalam
meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi kenampakan alam SDN
Potoan Daya 2?, ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan
media miniatur dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi
kenampakan alam SDN Potoan Daya 2?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana
setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Model penelitian ini menggunakan
model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian
ini menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipan, dokumentasi,
dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahawa: pertama, penerapan media
miniatur berjalan dengan sangat baik. Siswa terlibat aktif dalam proses
pembelajaran melalui penerapan media miniatur. Pemilihan metode pembelajaran
dan cara guru menarik perhatian atau fokus siswa sangat mempengaru pelaksanaan
penerapan media miniatur tersebut. Kedua, hasil dari penerapan media miniatur
cukup berhasil pada saat saat pra siklus, siswa sangat pasif dalam mengikuti
pembelajaran karena hanya terfokus pada buku siswa tanpa menggunakan media
pembelajaran. Tingkat pemahaman siswa pun masih menengah berdasarkan hasil
wawancara dengan guru kelas. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa 85,71%,
dengan nilai rata-rata 78,57. Sedangkan dalam pelaksanaan siklus II persentase
ketuntasan siswa 100%. Nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang
cukup signifikan, seluruh siswa masuk dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata
87,85. Ketiga, Faktor pendukung penerapan media miniatur dalam meningkatkan
pemahaman siswa kelas V pada materi kenampakan alam di SDN Potoan Daya 2
yaitu kemenarikan media miniatur kenampakan alam, minat belajar siswa, dan
kemampuan pendidik. Untuk faktor penghambatnya adalah waktu yang terbatas
dan tingkat pemahaman siswa yang berbeda


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022105 ACH P
152022105
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022105 ACH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiii+78 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022105
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
105
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?