PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Word Of Mouth Terhadap Minat Masyarakat Camplong Untuk Menjadi Anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong Sampang

Zaira Saharani Putri - Nama Orang;

Kata Kunci: Pengetahuan Konsumen, Word Of Mouth, Minat Menjadi Anggota.
BMT (Baitul Maal wat Tamwil) merupakan salah satu sistem lembaga
keuangan non bank yang berbasis syariah. Pada saat ini, perkembangan lembaga
keuangan baik bank maupun non bank dapat dikatakan mengalami perkembangan
yang cukup pesat. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi BMT
untuk tetap eksis dalam menghadapi persaingan. Dalam hal persaingan, pilihan
atau minat masyarakat dalam menggunakan suatu jasa lembaga keuangan menjadi
tolak ukur sukses atau tidaknya lembaga keuangan tersebut dalam mengatasi
persaingan yang ada. Ada beberapa faktor yang diyakini mampu untuk
mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi anggota BMT NU cabang
Camplong diantaranya adalah pengetahuan konsumen dan word of mouth. Maka
dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahun
konsumen dan word of mouth baik secara parsial maupun simultan terhadap minat
masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong.
Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah masyarakat Camplong yang berjumlah 80.517 jiwa.
Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus slovin dengan
jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan untuk teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian berdasarkan uji parsial diketahui bahwa variabel pengetahuan
konsumen memperoleh hasil thitung > ttabel (4,327 > 1,984) dengan nilai sig. < 0,05
(0,000 < 0,05) yang berarti pengetahuan konsumen berpengaruh signifikan
terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang
Camplong. Variabel word of mouth memperoleh hasil > ttabel (4,148 > 1,984)
dengan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti word of mouth berpengaruh
signifikan terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU
cabang Camplong. Sedangkan uji simultan diperoleh hasil Fhitung > Ftabel (88,538 >
3,09) dengan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti pengetahuan konsumen
dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat
masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong. Meski
tingkat pendidikan masyarakat dapat dikatakan rendah namun pengetahuan
mereka mengenai BMT NU cabang Camplong baik pengetahuan mengenai
produk, pembelian dan pemakaian dapat dikatakan cukup baik, hal tersebut tidak
lepas dari peran masyarakat yang telah menjadi anggota yang melakukan word of
mouth yaitu menceritakan pengelaman mereka dan pengetahuan mereka mengenai
BMT NU cabang Camplong kepada masyarakat lainnya dengan tujuan
memberikan penilaian, pengetahuan dan sekaligus untuk mempengaruhi minat
masyarakat lain untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 312022046 ZAI P
312022046
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312022046 ZAI P
Penerbit
Pamekasan : IAI MADURA., 2022
Deskripsi Fisik
xii+75 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
312022046
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PBS 2022
Info Detail Spesifik
046
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?