PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penggunaan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Bujur Timur 3 Pamekasan

Endah Yuliana - Nama Orang;

Kata Kunci: Media Permainan Congklak, Hasil Belajar, Pelajaran Matematika.
Pembelajaran Matematika membutuhkan media yang mampu menarik perhatian
siswa sehingga siswa tertarik untuk belajar. Umumnya siswa menyukai permainan
sehingga menggunakan permainan dalam pelaksanaan pembelajaran merupakan hal yang
menarik. Media yang cocok digunakan pada pelajaran Matematika khususnya materi
penjumlahan dan pengurangan yaitu congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penggunaan serta kelebihan dan kekurangan media permainan congklak dalam
meningkatkan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa
kelas 1 di SD Negeri Bujur Timur 3 Pamekasan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan
Kelas) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 1 di SDN
Bujur Timur 3. PTK merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas guna
mengetahui masalah-masalah dan bagaimana cara penyelesaiannya. Dalam PTK ini
peneliti menggunakan Model Kurt Lewin yang terdiri dari Perencanaan, Tindakan,
Pengamatan dan Refleksi dalam setiap siklusnya. Instrument pengumpulan data dari
penelitiana ini yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu pada saat Pra siklus rara-rata nilai siswa 57,27
dengan Ketuntasan Belajar (KB) 45,45%. Mengalalami peningkatan pada siklus 1 yaitu
dengan rata-rata nilai siswa 73,64 dan Ketuntasan Belajar (KB) 72,73%. Karena pada
siklus 1 jumlah siswa yang tuntas belum mencapai 80% maka penelitian dilanjutkan pada
siklus 2. Pada siklus 2 juga mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu dengan rata-rata
nilai siswa 88,18 dan Ketuntasan Belajar (KB) 90,91%. Pada siklus 2 ini ketuntasan
belajar siswa telah mencapai target keberhasilan dari penelitian ini yaitu ≥ 80% sehingga
penelitian ini hanya dilaksanakan dengan 2 siklus. Dalam penggunaannya media
congklak memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya adalah materi
mudah dipahami dan kekurangannya yaitu siswa tidak fokus saat awal mengenal
congklak. Dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai ke siklus 2
dapat dinyatakan bahwa media permainan congklak efektif digunakan dalam
meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika materi
penjumlahan dan pengurangan


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152021054 END P
152021054
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021054 END P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152021054
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
054
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?