PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pola Komunikasi Guru Agama dalam Membina Akhlak Siswa MA Al-Khairi Jaddung Sumenep (Tahun Ajaran 2021-2022)

Haflatul Arofah - Nama Orang;

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Guru Agama, Membina Akhlak
Komunikasi adalah bagian penting di dalam kehidupan manusia dalam
menjalankan rutinitasnya sehari-hari. Komunikasi sendiri memiliki bentuk antara lain
yakni, komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok,
dan juga komunikasi massa. Peran komunikasi begitu penting dalam kehidupan
bersosialisasi dengan individu lainnya, tak terkecuali dalam kegiatan belajar mengajar
dan pembinaan akhlak.
Tujuan pendidikan dan pembinaan itu sendiri adalah untuk dapat mendidik
dan meningkatkan kualitas siswa khususnya pada kategori akhlak. Rumusan masalah
yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi yang
digunakan guru agama dalam membina akhlak siswa MA Al-Khairi Jaddung
Sumenep, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru
agama dalam membina akhlak siswa MA Al-Khairi Jaddung Sumenep, dan
bagaimana efek komunikasi yang dilakukan guru agama dalam membina akhlak
siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis
dengan analisis interaktif model Miles & Huberman.
Dari hasil penelitian, guru agama di MA Al-Khairi menggunakan pola
komunikasi interpersonal. Ini dilihat dari guru agama yang menyampaikan materi
kepada siswa di dalam kelas dan ada umpan balik atau feedback siswa dalam hal ini.
Lalu, komunikasi kelompok, yakni saat membina akhlak siswa guru agama
menyampaikan materi di depan siswa dalam kelas yang mana jumlah siswa yang ada
lebih dari tiga orang atau lebih. Untuk faktor pendukung yang dialami guru agama
dalam membina akhlak siswa di MA Al-Khairi adalah siswa kondusif, dan adanya
program kegiatan pagi sedangkan penghambatnya adalah adanya siswa yang lalai
dalam mengerjakan tugas dan minimnya waktu mengajar. Efek komunikasi yang
timbul adalah efek kognitif, afektif, konatif dan dari ketiga efek tersebut siswa MA
Al-Khairi termasuk pada tiga efek komunikasi tersebut


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 262022043 HAF P
262022043
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
262022043 HAF P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
viii+68, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
262022043
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI KPI 2022
Info Detail Spesifik
043
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?