PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Internalisasi Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Aswaja & ke-NU-an di Madrasah Aliyah Nasy’atul Muta’allimin Gapura Sumenep dan SMA Pesantren al-In’am Gapura Sumenep

Amrullah, - Nama Orang;

Kata Kunci: internalisasi, Nasionalisme, Pendidikan Aswaja & ke-NU-an
Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tiga fokus. Pertama, apa saja
nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran pendidikan aswaja & ke-NU-an di
Madrasah Aliyah Nasy’atul Muta’allimin Gapura Sumenep dan SMA Pesantren
al-In’am Gapura Sumenep?. Kedua, bagaimana proses internalisasi nilai-nilai
nasionalisme dalam pembelajaran pendidikan aswaja & ke-NU-an di Madrasah
Aliyah Nasy’atul Muta’allimin Gapura Sumenep?. Ketiga, bagaimana hasil
internalisasi nilai-nilai nasionalisme pada siswa di Madrasah Aliyah Nasy’atul
Muta’allimin Gapura Sumenep dan SMA Pesantren al-In’am Gapura Sumenep?.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh
melalui interview tidak terstruktur, observasi non partisipan, dan sumber data
dalam penelitian ini adalah guru mapel Pendidikan Aswaja & ke-NU-an dan
peserta didik. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas
(perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamat dan trianggulasi),
tranferbilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Nilai-nilai nasionalisme
dalam pembelajaran Pendidikan Aswaja & ke-NU-an di Madrasah Aliyah
Nasy’atul Muta’allmin dan SMA Pesantren al-In’am yaitu, mabadi khairah
ummah, ukhuwah wathaniyah, Nahdlatul Ulama dalam sejarah perjuangan
bangsa, dankhittah NU. Kedua, Proses internalisasi nilai-nilai nasionalisme di
Madaraah Aliyah Nasy’atul Muta’allimin dan SMA Pesantren al-In’am yaitu
melalui tahap trasformasi, transaksi nilai, dan traninternallisasi. Ketiga Hasil dari
internalisasi di Madrasah Aliyah Nasy’atul Muta’allimin Gapura Sumenep dan
SMA Pesantren al-In’am sama-sama memiliki sikap nasionalis yang tinggi seperti
menghormati guru disekolah, mengikuti upaca bendera negara, mematuhi tata
tertib disekolah dan menghargai lagu kebangsaan dan jasa para pahlawan dalam
memperjuangkan kemerdekaan negara


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112022034S2 AMR I
112022034S2
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112022034S2 AMR I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xi+129, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112022034S2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS PAI 2022
Info Detail Spesifik
034
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?