PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Persaingan Bisnis Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Toko Kelontong Di Desa Aengsareh Kecamatan Sampang

Syamsul Arifin - Nama Orang;

Kata Kunci : Toko Kelontong, Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam
Toko kelontong merupakan salah satu bisnis yang diminati oleh berbagai
kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengelolaan dan
besarnya keuntungan yang dihasilkan, sehingga membuat banyak orang membuka
bisnis di bidang ritel tersebut, akan tetapi dengan semakin banyaknya jumlah
pengusaha, menimbulkan persaingan yang ada semakin sulit, sehingga diperlukan
strategi dan pengelolaan yang matang agar dapat tetap bertahan, islam telah
mengatur sedemikian rupa mengenai persaingan dalam berbisnis dalam etika
bisnis Islam.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka ada tiga permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana persaingan
bisnis Toko kelontong Sampang. Kedua Bagaimana strategi persaingan bisnis
Toko kelontong. Ketiga, Bagaimana persaingan bisnis dan strategi Toko
kelontong di Desa Aengsareh Kecamatan Sampang dalam perspektif Etika Bisnis
Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh dari wawancara. Wawancara yang digunakan yaitu jenis
wawancara semi struktur. Informanya adalah para pemilik toko kelontong dan
pembeli.
Hasil dari penelitian ini yaitu :Pertama, keadaan persaingan toko
kelontong terbilang berat hal ini dikarenakan banyaknya jumlah toko kelontong
dengan konsep penjualan yang sama dalam jarak berdekatan, Kedua Strategi
persaingan bisnis yang diterapkan oleh pedagang di Desa Aengsareh
dikategorikan persaingan sehat dan strategi yang diterapkan bervariasi mulai dari
Memperbaiki kualitas pelayanan, Memastikan ketersediaan barang, Menyesuaikan
barang dagangan dengan kondisi pasar, Tidak mempermainkan harga (harga
kompetitif), Menjual produk terbaru yang belum dimiliki oleh kompetitor dan
memanfaatkan tempat yang strategis. Ketiga, persaingan yang ada lebih memilih
fokus pada pelayanan. Dan berdasarkan strategi yang diterapkan oleh para
pedagang, tidak ditemukannya segala hal yang melanggar prinsip etika bisnis
Islam


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 322023080 SYA P
322023080
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
322023080 SYA P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI ES 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?