PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Konsumsi Perspektif al-Ghazali

I’anatut Thalibin - Nama Orang;

Kata Kunci: Konsumsi Perspektif al-Ghazali
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perilaku konsumen muslim yang
cenderung konsumtif dan di nilai kurang produktif. Hal ini di tunjukkan oleh LIPI
bahwa Indonesia yang mayoritas umat muslim menduduki peringkat ketiga dari 106
Negara di dunia dalam hal kepercayaan dan untuk berbelanja. Selain itu konsumsi
saat ini lebih bersifat rekreasional dan menawarkan kenyamanan, seperti jalan-jalan
dan makan-makan dengan mengunggah foto atau flexing di sosial media, hanya
untuk memenuhi gaya hidup dan kesenangan semata tanpa memikirkan dampak
yang akan terjadi setelahnya. Gaya hidup yang seperti ini tidak hanya terjadi pada
golongan menengah keatas melainkan menengah ke bawah juga ikut serta di
dalamnya, tidak hanya pada kalangan anak muda akan tetapi juga terdapat pada
kalangan tua. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana konsep
konsumsi dalam perspektif al-Ghazali dan etik konsumen perspektif al-Ghazali.
Sehigga pemikiran al-Ghazali nantinya dijadikan sebagai parometer atau pisau
analisa atas fenomena atau permasalahn yang terjadi dilapangan saat ini.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya 1. Bagaimana
konsep konsumsi perspektif al-Ghazali dalam kitab Ihya’Ulumuddin? 2.
Bagaimana etika konsumsi perspektif al-Ghazali? Sedangkan tujuan dari penelitian
ini yaitu mengetahui bagaimana konsep dan etika konsumsi perspektif al-Ghazali
dalam kitab Ihya’Ulumuddin.Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh berasala dari data primer dan
data sekunder dengan menggunakan metode konten analisis, dengan membaca,
mencermati, menghimpun, menelaah, dan di identifikasi secara mendalam,
kemudian dianalisis dan di simpulkan.
Hasil dari penelitian ini yaitu menurut al-Ghazali Konsumsi adalah kegiatan
pemenuhan kebutuhan yang niat dan tujuannya hanya mendapatkan kekuatan untuk
beribadah kepa Allah, sehingga bernialai ibadah dengan tidak berlebihan yang
hanya menuruti hawa nafsu semata, yang dapat menjerumuskan kepada
kemudharatan. Sedangkan perilaku konsumsi menurut al-Ghazali harus sesuai
dengan etika dan prinsip konsumsi. Karena beliau adalah seorang sufi beliau
mengatakan bahwa konsumsi dilakukan hanya sekedarnya saja, tidak berlebihan
yang sifatnya hanya menuruti nafsu semata


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 322023086 IAN K
322023086
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
322023086 IAN K
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI ES 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?