PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peran guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa MTs Tarbiyatul Mubtadiin

Abd Jalal - Nama Orang;

Kata kunci: peran guru, motivasi belajar
Adanya perbedaan motiavsi belajar setiap siswa tentunya dibutuhkan
suatu peran penting dalam meningkatkan motivasi bealajar siswa yang rendah
yaitu salah satunya adalah guru BK. Dalam Penelitian ini peneliti bertujuan
untuk menjelaskan terkait bagaimana kondisi motivasi belajar siswa?, kemudian
seperti apa peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs
Tarbiyatul Mubtadiin?, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat guru
BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi dengan subyek penelitiannya adalah guru BK, wali kelas, siswa
kelas IX MTs Tarbiaytul Mubtadiin, sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan keajegan pengamatan dan triangulasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama kondisi
motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul Mubatdiin berbeda-beda, ada yang
memiliki motivasi belajar tinggi, ada yang memiliki motivasi belajar rendah
yang disebabkan oleh faktor internal atau faktor eksternal,, kedua peran guru BK
di MTs Tarbiyatul Mubtadiin dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu
berperan sebagai motivator, melakukan bimbingan kelompok, bekerja sama
denganw ali kelas dan guru lainnya, selanjutnya yang ketiga yaitu faktor
pendukung dan penghambat, untuk faktor pendukungnya yaitu adanya ruangan
khusus yang disediakan oleh sekolah untuk guru BK yiatu ruangan bimbingan
dan konseling, kemudia adanya kesadaran diri dari wali kelas dan guru lainnya
untuk melakukan peningkatan dan perkembangan kepada dirinya dan siswa,
sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya jadwal masuk kelas untuk
guru BK, dan kurangnya guru BK di MTs Tarbiyatul Mubtadiin


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 192023044 ABD P
192023044
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192023044 ABD P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
192023044
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI BKPI 2023
Info Detail Spesifik
044
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?