PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

penerapan permainan puzzle untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan

Sulvi Eka Fitriana - Nama Orang;

Kata kunci: permainan puzzle, kognitif.
Permainan puzzle merupakan salah satu alat permainan edukatif yang digunakan
dalam proses pembelajaran dalam mengembangka aspek-aspek perkembangan anak, salah
asatu aspek penting yang perlu dikembangkan yaitu aspek kognitif. Kognitif adalah
kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk berpikir, penalaran, pemecahan masalah, dan
kegiatan yang mengakibatkan anak memperoleh pengetahuan baru karena rasa ingin tahunya.
Bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar dalam
pemecahan masalah dengan memasangkan bagian-bagian puzzle, anak juga dapat mengenal
warna, bentuk, ukuran, angka, dan huruf.
Maka berdasarkan hal tersebut, ada dua pembahasan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu pertama penerapan permainan puzzle untuk menstimulasi perkembangan
kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan, kedua manfaat permainan
puzzle dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya
Pamekasan.
Metode penelitian yang digunaka dalam penelitianm ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah
untuk dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan,
dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru TK PKK
Nyalabu Daya Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan puzzle pada anak dapat
menstimulasi perkembangan kognitif anak seperti mengenal warna, bentuk, ukuran, angka
dan huruf, anak bisa berpikir nalar dan memecahkan masalah. Kemampuan kognitif anak
berkembang menjadi lebih baik lagi dengan diterapkannya permainan puzzle pada saat proses
pembelajaran di dalam kelas berlangsung.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 162023025 SUL P
162023025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162023025 SUL P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162023025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PIAUD 2023
Info Detail Spesifik
025
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?