PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Manajemen Konflik Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Suasana Kondusif Belajar Siswa di SMPN 2 Larangan Pamekasan

Syaiful Bahri - Nama Orang;

Kata Kunci: Manajemen Konflik Berbasis Sekolah, Kondusif Belajar
Penelitian ini membahas tentang Manajemen konflik berbasis sekolah
dalam meningkatkan suasana kondusif belajar siswa di SMPN 2 Larangan
Pamekasan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi
manajemen konflik berbasis sekolah di SMPN 2 Larangan dan korelasinya dalam
mewujudkan resolusi konflik sehingga tercipta lingkungan belajar yabg kondusif,
aman dan nyaman.
Berdasarkan hal tersebut, Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan manajemen
konflik berbasis sekolah dalam meningkatkan suasana kondusif belajar siswa di
SMPN II Larangan Pamekasan. Kedua, apa saja faktor penghambat dalam
implementasin manajemen konflik berbasis sekolah dalam meningkatkan suasana
kondusif belajar siswa di SMPN II Larangan Pamekasan. Ketiga, bagaimana solusi
faktor penghambat penerapan manajemen konflik berbasis sekolah dalam
meningkatkan suasana kondusif belajar siswa di SMPN II Larangan Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif jenis
deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, dalam mensosialisasikan
manajemen konflik berbasis sekolah guru bimbingan konseling di mandatkan
kepala sekolah dalam pengimplementasiannya, melaksanakan mediasi sejawat
dalam proses penyelesaian konflik yang dihadapi oleh siswa, serta melibatkan
orang tua wali siswa dalam menerapkan resolusi konflik. Kedua, Kurangnya
pemahaman terhadap penerapan manajemen konflik berbasis sekolah dan
kurangnya controlling terhadap peserta didik dalam penggunaan gadget atau media
digital. Minimnya partisipasi dari orang tua terhadap manajemen konflik berbasis
sekolah sekaligus kurangnya motivasi terhadap siswa untuk berani menyampaikan
argumentasi Ketika peer mediation. Ketiga, kepala sekolah mengadakan pelatihan
atau membuat forum dari beberapa elemen tentang manajemen konflik berbasis
sekolah. Melakukaan koordinasi kepada orang tua untuk melakukan controlling
terhadap anaknya dalam penggunaan gadged sekaligus guru melakukan analisis
terhadap pola kehidupan maupun masyarakat agar mudah melakukan pendekatan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 142023004 SYA M
142023004
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142023004 SYA M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
142023004
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2023
Info Detail Spesifik
004
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?