PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Statistik
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Al Islam Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament Di Kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep

Muhammad Reza Ali Syah - Nama Orang;

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Team Game Tournament.
Team Game Tournament merupakan salah satu jenis atau gaya
pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning. Pembelajaran ini
mengutamakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan kerjasama antar siswa
dalam kelompok besar berdasarkan konsep Turnamen Akademik. Guru
merupakan faktor yang sangat penting keberadaannya dalam mengelola proses
pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru diharapkan paham dan
mampu menerapkan strategi pembelajaran seperti penggunaan model
pembelajaran kooperatif yaitu Team Game Tournament.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga rumusan masalah yang menjadi
pembahasan dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Bagaimana penerapan model
pembelajaran Team Game Tournament pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1
SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Bagaimana efektivitas penggunaan model
pembelajaran Team Game Tournament dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep,
Apakah penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA
Muhammadiyah 1 Sumenep.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom
action research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas Fase E1 SMA
Muhammadiyah 1 Sumenep, Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dan untuk analisis data dari
penelitian ini dilakukan secara analisis statistika deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan model
pembelajaran Team Game Tournament pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1
SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dilaksanakan dalam dua Siklus yaitu pada
tanggal 13 dan 20 Januari 2023. Kedua, Efektifitas penggunaan model
pembelajaran Team Game Tournament pada siklus I nilai persentasenya 53,1%
(kategori cukup) dan pada siklus II persentasenya 84,4% (kategori sangat baik)
sehingga dapat dipastikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran
Al Islam melalui model pembelajaran Team Game Tournament di kelas Fase E1
SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dikatakan efektif. Ketiga, Hasil belajar siswa
kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep siklus I memperoleh persentase
54,5% sedangkan siklus II memperoleh 86,4%, sehingga penerapan model
pembelajaran Team Game Tournament dikatakan berhasil dalam meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1
Sumenep


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112023006 MUH P
112023006
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112023006 MUH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112023006
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2023
Info Detail Spesifik
006
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?