PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi “Kurikulum Adab” dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Taysir al-Khallaq di SMP Binar Sumenep

Arifah Mufidah - Nama Orang;

Kata Kunci : Implementasi, “Kurikulum Adab”, Hasil Belajar, Taysir al-Khallaq
Mata pelajaran Taysir al-Khallaq merupakan salah satu program pembelajaran yang
bertujuan untuk meningkatkan dan memperkokoh akhlak, menanamkan nilai-nilai adab, serta
menjadikan siswa menjadi insan beradab. Berlangsungnya mata pelajaran ini juga merupakan
salah satu bentuk pengimplementasian “Kurikulum Adab” di SMP Binar. “Kurikulum Adab”
dijadikan sebagai kompetensi utama yang harus dicapai oleh siswa-siswi di sekolah tersebut.
Dipilihnya “Kurikulum Adab” ini berangkat dari keresahan para pendidik akan fenomena yang
terjadi saat ini dimana nilai-nilai moral di kalangan pemuda mengalami krisis nilai. Hilangnya
adab pada diri penerus bangsa memang sudah berada pada ranah memprihatinkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga elemen yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana bentuk implementasi “Kurikulum Adab” dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Taysir al-Khallaq di SMP Binar; kedua,
apa saja peran guru guna meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Binar; ketiga, bagaimana
penilaian yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Taysir al-Khallaq di SMP Binar Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Sumber data yang diambil berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan
dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Taysir al-Khallaq, siswa SMP Binar, Kepala
Sekolah, dan Waka Kurikulum SMP Binar Sumenep. Sementara pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan konsistensi
triangulasi peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi “Kurikulum Adab”
dikemas dalam program-program penguatan adab yang dilangsungkan meliputi: membangun
sinergi bersama antara orang tua dengan guru; program penguatan keimanan, melalui
pembiasaan praktek nilai-nilai keagamaan dan mata pelajaran yang diberikan kepada siswa;
membangun aspek adab terhadap diri sendiri, guru, dan sesama manusia. Dari pelaksanaan
program-program tersebut yang merupakan bentuk dari implementasi “Kurikulum Adab”,
terbukti memberikan hasil belajar yang baik, yakni berupa peningkatan kognitif siswa, terbukti
dengan peningkatan nilai yang diperoleh pada mata pelajaran taysir al-khallaq; perkembangan
afektif siswa, dimana peserta didik merasakan kecenderungan beribadah lebih meningkat,
kecenderungan menjaga adab terhadap segala sesuatu yang wujud, kesadaran akan pentingnya
menerapkan adab, serta merasa hidupnya lebih teratur; perkembangan psikomotor siswa,
dimans mereka menerapkan dengan sungguh-sungguh adab kepada Allah, guru, orang tua,
sesama manusia, dan diri sendiri. Kedua, peran guru dalam pengaplikasian kurikulum adab
untuk meningkatkan hasil belajar siswa Binar JHS, yaitu: sebagai pembimbing, penuntun, dan
pengarah, sebagai penasehat, sebagai pelaksana program pendidikan di Binar JHS, sebagai
teladan dan role model, sebagai pemerhati kondisi dan perkembangan peserta didik, sebagai
penyambung hubungan orang tua dengan anak melalui program yang harus dilakukan anak di
rumah dengan bantuan orang tua. Ketiga, terkait evaluasi yang dilakukan untuk menilai dan
mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran taysir al-khalaq, yaitu melalui teknik
observasi pada penerapan adab dari materi kitab Taysir Al-Khalaq dalam keseharian baik di
rumah maupun di sekolah, hasil pengisian form GAAS, tes tulis dan tes lisan, UTS dan UAS.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112023158 ARI I
112023158
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112023158 ARI I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112023158
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2023
Info Detail Spesifik
158
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?