Text
Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Outfit di Legio Store
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
Legio store merupakan salah satu usaha di pamekasan yang cukup diminati
oleh berbagai kalangan khususnya remaja, meskipun lokasinya sulit di jangkau oleh
konsumen dan brand yang terbilang baru, legio store ini masih eksis dan cukup
banyak diminati. Fenomena ini memicu peneliti dalam mengambil langkah untuk
melakukan penelitian dengan judul. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap
keputusan Pembelian Outfit di Legio Store Pamekasan. Mengingat harga dan
kulitas produk sering kali digunakan konsumen sebagai dasar pertimbangan tertarik
atau tidaknya terhadap suatu produk tersebut hingga memutuskan untuk melakukan
pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar
pengaruh: (X1) harga terhadap keputusan pembelian outfit di legio store pamekasan,
(X2) kualitas produk terhadap keputusan pembelian outfit di legio store pamekasan,
(Y) harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian outfit
di legio store pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kuantitatif. Dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan
data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan
sampel menggunakan accidental sampling yang memuat siapa saja secara kebetulan
bertemu dengan peneliti bila di pandang orang tersebut cocok sebagai sumber data
(responden) dengan ketentuan berkaitan dengan tema penelitian. Sementara rumus
yang dibutuhkan untuk mengetahui jumlah sampel adalah dengan menggunakan
rumus Slovin dan didapat sampel yaitu berjumlah 68,25 responden, namun dengan
beberapa pertimbangan, peneliti membulatkan sampel menjadi 100 responden.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil uji f (simultan) diperoleh nilai Fhitung (127,645) > Ftabel
(3,090) dengan taraf sig. (0,000) < 0,05. Artinya variabel harga dan kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian outfit di legio
store pameksan. Sementara hasil uji t (Persial) thitung pada variabel harga (X1)
sebesar (1,174) dengan taraf sig. 0,243 > 0,05, hal ini menunjukkan bahwa thitung
(1,174) < ttabel (1,984) yang menunjukkan (X1) tidak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). berbanding terbalik dengan variabel
keputusan pembelian (X2) diperoleh thitung 8,369 > ttabel 1,984 dan sig. (0,000) < 0,05.
Yang artinya kualitas produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y) dengan nilai determinasi dalam penelitian ini sebesar
0,734 atau 73,4% yang artinya variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat
yaitu keputusan pembelian outfit di legio store pamekasan
Tidak tersedia versi lain