Text
Ilmu Pendidikan: Konsepsi, Wawasan dan Praktik Pendidikan
Abstrak informatif
Buku ini merupakan salah satu rujukan bagi pembaca baik mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum yang ingin menambah wawasan tentang ilmu pendidikan, dimana buku ini sengaja dihadirkan dalam rangka memberikan sumbangsih paradigma pendidikan dalam berbagai perspektif yang dalam tataran praksisnya membutuhkan penguatan-penguatan teoritis sebagaimana perkembangan wawasan pendidikan yang senantiasa berubah atau dinamis, dengan harapan bermanfaat bagi dunia pendidikan.
Secara sistematis buku ini tersusun atas 12 bagian, yaitu bagian 1 tentang konsep umum pendidikan, meliputi hakikat pendidikan, hakikat belajar, hakikat latihan, hakikat manusia sebagai objek pendidikan, bagian 2 tentang struktur ilmu pendidikan, meliputi pendidikan sebagai bidang ilmu, syarat syarat Ilmu pendidikan, struktur ilmu pendidikan, bagian 3 tentang dasar-dasar pendidikan, meliputi dasar filosofis, dasar psikologis, dasar sosial budaya, dasar ekonomis, bagian 4 tentang faktor faktor pendidikan, meliputi tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, sarana dan prasarana pendidikan, lingkungan pendidikan, bagian 5 tentang hakikat tujuan pendidikan, meliputi makna tujuan pendidikan, fungsi tujuan pendidikan, macam macam tujuan pendidikan, bagian 6 tentang anak didik sebagai faktor pendidikan, meliputi deskripsi tentang anak didik perspektif aliran nativisme, empirisme, behaviorisme, konvergensi, dan naturalisme, bagian 7 tentang pendidik dalam ilmu pendidikan, meliputi definisi dan peran pendidik, kompetensi utama pendidik profesionalisme pendidik, bagian 8 tentang lingkungan pendidikan, meliputi pengertian lingkungan pendidikan, macam lingkungan pendidikan, inovasi dalam pengelolaan lingkungan pendidikan, tantangan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, solusi mengatasi kendala lingkungan dalam pendidikan, bagian 9 tentang alat pendidikan, meliputi pengertian dan fungsi alat pendidikan, jenis-jenis alat pendidikan, kedudukan alat pendidikan, penerapan alat pendidikan dalam pembelajaran, keuntungan penggunaan alat pendidikan, tantangan dalam penggunaan alat pendidikan, inovasi alat pendidikan dalam pembelajaran, bagian 10 tentang sistem pendidikan nasional, meliputi konsep sistem pendidikan nasional, prinsip penyelenggaraan pendidikan, jalur pendidikan, jenjang pendidikan, jenis pendidikan, konsep pendidikan online, bagian 11 tentang pendidikan sepanjang hayat, meliputi definisi pendidikan sepanjang hayat, prinsip dasar pendidikan sepanjang hayat, pentingnya konsep pendidikan sepanjang hayat, asal usul ide pendidikan sepanjang hayat, evolusi konsep pendidikan sepanjang hayat dari masa ke masa, manfaat pendidikan sepanjang hayat, bentuk pendidikan sepanjang hayat, tantangan dalam implementasi pendidikan sepanjang hayat, strategi pengembangan pendidikan sepanjang hayat, pandangan masa depan pendidikan sepanjang hayat, bagian 12 tentang problematika pendidikan masa depan, meliputi pengertian pendidikan masa depan, ciri pendidikan masa depan, tantangan pendidikan masa depan, peluang pendidikan masa depan, dan penguatan empat pilar pendidikan masa depan. (NRI)
Tidak tersedia versi lain