PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan

Hodaifah - Nama Orang;

ABSTRAK
Hodaifah, 2011: Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. Norhasan, M.Ag.


Kata Kunci : Kinerja Guru, Minat Belajar Siswa.
Proses pembelajaran yang diciptakan dalam kelas merupakan unsur terpenting dalam pelaksanaan pendidikan pada umumnya, bahwa guru adalah aktor terpenting dalam proses pembelajaran yang membutuhkan keterampilan khusus dalam profesinya sebagai guru. Keterampilan atau kemampuan guru adalah sangat penting ditekankan dan ditingkatkan, sehingga kinerja guru dalam profesinya dapat mencapai hasil yang diharapkan, yakni pembelajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan. Namun hal ini, tidak dapat dipungkiri untuk memperhatikan minat belajar yang dimiliki anak didik, sebab anak didik (siswa) merupakan sasaran (objek) utama dalam pembelajaran. Namun perlu diperhatikan oleh guru, bahwa motivasi untuk selalu belajar memang sangat baik jika dipupuk dan dilatih sejak usia dini. Dengan harapan siswa (anak didik) kita dapat memiliki minat yang tinggi untuk belajar dengan baik.
Dengan demikian minat siswa dalam belajar erat hubungannya dengan guru, mengingat hubungan antara minat dengan motivasi, karena motivasi harus di ciptakan oleh guru yang menempatkan dirinya sebagai orang yang multi guna. Jadi motivasi harus ditimbulkan oleh guru agar dapat menciptakan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan prosedur pengumpulan datanya melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Dan product moment sebagai alat analisisnya.
Dalam penelitian ini terdapat beberapa masalah yang menjadi kajian utama, antara lain yang pertama Adakah Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan? Dan kedua Seberapa Besar Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan?
Dari kedua permasalahan diatas, Maka melalui teknik analisis product moment dapat peneliti temukan hasil penelitian adalah 1). Ada pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, hal ini diketahui bahwa ”r” kerja sebesar 0.849 lebih besar dibandingkan dengan “r” tabel, baik pada taraf kepercayaan 95 % maupun 99 % yaitu 0.244 dan 0.317. dan 2). Besarnya pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan berada pada rentang nilai interpretasi antara 0.800 sampai dengan 0.1000, sehingga diinterpretasikan besarnya pengaruh pada kategori “TINGGI”. Yakni dapat menumbuhkan minat belajar siswa, kemampuan dan keterampilan siswa.
Dengan temuan penelitian ini, diharapkan Bagi kepala sekolah diharapkan dapat memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap para guru dalam proses belajar mengajar agar selalu meningkat kemampuannya dalam menjalankan tugas-tugasnya (kinerjanya). Dan bagi semua guru diharapkan tidak berhenti untuk selalu berusaha mengembangkan kompetensi yang dimilikinya agar mampu melaksanakan dan menciptakan proses belajar mengajar yang baik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura Belum memasukkan lokasi
2011 Hodaifah
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: N/A.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2011
Info Detail Spesifik
40
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?