PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Kesulitan Belajar Santri Pada Pembelajaran Al-Qur’an di Musholla Nurur Rahman Trasak Larangan Pamekasan

Maisaroh 180811210 - Nama Orang;

ABSTRAK
Maisaroh, 2012, Kesulitan Belajar Santri Pada Pembelajaran Al-Qur’an di Musholla Nurur Rahman Trasak Larangan Pamekasan, skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: H. Jamal Abd Nasir, Lc. M. Th. I.

Kata Kunci : kesulitan Belajar Santri, Pembelajaran al-Qur’an.

kesulitan belajar santri pada pembelajaran al-Qur’an, yaitu ada sebagian santri yang masih kesulitan membaca al-Qur’an, sebagian yang lain belum mampu mempraktekkan bacaan mad dengan benar, yaitu terkadang bacaan mad tidak dibaca panjang dan yang seharusnya pendek malah dibaca panjang. Santri juga masih banyak melakukan kesalahan dalam membaca hukum bacaan, yang dibaca dengung dan yang tidak dibaca dengung. Dari segi makharijul khuruf yang seharusnya dibaca “ث”, akan tetapi oleh santri dibaca “س”.
Berdasarkan hal di atas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja kesulitan belajar santri pada pembelajaran al-Qur’an di Musholla Nurur Rahman Trasak Larangan Pamekasan; kedua, faktor apa saja penyebab kesulitan belajar santri pada pembelajaran al-Qur’an di Musholla Nurur Rahman Trasak Larangan Pamekasan; ketiga, usaha apa saja yang dilakukan pengasuh dalam mengatasi kesulitan belajar santri pada pembelajaran al-Qur’an di Musholla Nurur Rahman Trasaka Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Informannya adalah santri, ustadz dan ustadzah, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Kesulitan belajar santri bagi yang menggunakan media al-Qur’an, dari segi makharijul huruf, panjang dan pendek ucapan, memulai dan menghentikan bacaan, cara pengucapan huruf, hubungan antar huruf. Bagi santri yang belajar dengan buku tartila, kesulitannya dari segi menggabungkan antara huruf yang satu dengan yang lainnya, sulit untuk mengenal huruf, namun tidak semua santri mengalami kesulitan belajar, dan santri sebagian santri masih tetap semangat untuk belajar al-Qur’an. Penyebab kesulitan belajar santri pada pembelajaran al-Qur’an, yaitu; karena di Musholla tidak ada waktu yang dikhususkan untuk mempelajari ilmu tajwid, santri datang ke musholla tidak tepat waktu, santri kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran al-Qur’an di Musholla, kesulitan belajar santri bukan disebabkan oleh cacat fisik dari santri. Santri tetap memperhatikan penjelasan dari ustadz dan ustadzah. Usaha yang dilakukan pengasuh dalam mengatasi kesulitan belajar santri: Pengasuh tetap membimbing santri dengan tekun, agar mereka dapat membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. Membagi santri menjadi beberapa kelompok, kelompok pertama untuk tingakatan tadarus, kedua tingkatan pemula dengan media al-Qur’an, ketiga tingkatan pemula dengan buku tertila. mengadakan pertemuan dengan wali santri. Setelah ada usaha dari pengasuh hasil belajar santri semakin baik, walaupun dalam mengatasi kesulitan belajar santri ditemui beberapa hambatan. Faktor yang mendukung antara lain motivasi dari ustadz


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 1120120028 Mai K C1
1120120028
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120028 Mai K
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
164
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?