PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Al-Amin Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan

Moh. Mas’udi Eko Diansyah 180811276 - Nama Orang;

ABSTRAK
Mokh. Mas’udi Eko Diansyah 2012, Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Al-Amin Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Fiqih, Hasil Belajar Siswa.

Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama. Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Amin Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan. Kedua. Bagaimana hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Amin Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis tema dan analisis realitatif deskriptif , kemudian seluruh data dicek keabsahannya, dengan cara ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, analisis dan triangulasi sumber penelitian ini adalah guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu model yang digunakan oleh lembaga pendidikan di MTs Al-Amin Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan adalah menggunakan model pembelajaran simulasi, model pembelajaran tersebut dilakukan dengan cara guru memperagakan secara langsung pada materi fikih yang akan diajarkan kepada peserta didik, tetapi terlebih dahulu guru menyampaikan materi pelajaran yang sebelumnya untuk mengingatkan kembali pelajaran yang sebelumnya dalam rangka untuk mengetahui daya ingat siswa terhadap pelajaran yang sudah diberikan, kemudian ketika proses pembelajaran dimulai, maka guru dalam memberikan model pembelajaran simulasi, yaitu dengan melalui langkah- langkah awal terlebih dahulu, pertama; persiapan simulasi, kedua; pelaksanaan simulasi dan ketiga; penutup sesudah itu baru kemudian guru menyampaikan materi selanjutnya dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab khususnya dikelas VII dan kelas VIII untuk mermberikan materi secara langsung baik tentang cara memperaktekan wudu’ atau sujud sukur yang benar dan tepat kemudian siswa setelah mengerti apa yang dijelaskan oleh guru, siswa bisa memperagakan juga secara satu persatu didepan temannya sesuai dengan materi yang diajarkannya. Dan waktu akhir proses pembelajaran, guru selalu mengadakan evaluasi, karena untuk mengetahui sejauh mana pelajaran yang diserap oleh siswa dalam memahami pelajaran fikih, agar mengetahui tentang peningkatan hasil belajar siswa.
Dalam penerapan model pembelajaran simulasi dimulai, bahwa hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar menunjukkan hasil yang cukup bagus antara guru dan siswa sama-sama aktif, hal ini bisa dilihat dengan adanya peragaan atau praktek secara langsung di depan siswa yang dipandu oleh seorang guru. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan melihat perolehan nilai siswa dalam bentuk raport sebagaimana dokumentasi yang mana nilai masing-masing siswa adalah 7 ke atas yang didapatkan oleh siswa atau siswi.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112012 0098 Moh P C1
1120120098
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120098 Moh P
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
101
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?