PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Pengorganisasian Kelompok Belajar Santri Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Banyuanyar

Mohammad Tohir 180811271 - Nama Orang;

ABSTRAK
Mohammad Tohir, 2012, Strategi Pengorganisasian Kelompok Belajar Santri Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Banyuanyar, Skripsi, Jurusan Tarbiah, Program Studi Pendidikan Agaman Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing. Bapak drs. H. M. Rasyid ridla, M. Ag.
Kata Kunci : Pengorganisasian Kelompok Belajar, Pembelajaran Kitab Kuning
Pengorganisasian kelompok belajar merupakan kegiatan pendidikan yang dilaksanakan dalam pembelajaran kitab kuning yang ada di pondok pesantren Banyuanyar, keberadaan pengorganisasia kelompok belajar tersebut terbentuk atas sejarah dan latar belakang, adapun sejarah dan latar belakangnya, pertama berkurangnya minat santri dalam belajar kitab kuning, yang kedua bertambah banyaknya santri dan melihat terhadap kemampuan santri yang tidak sama dalam pengetahuan mereka dan banyak santri yang tidak punya dasar dalam belajar kitab, ketiga adanya tempat yang memadai untuk membentuk sebuah kelompok-kelompok dalam pembelajaran kitab kuning, sehingga dengan itu para ustad membentuk sebuah kelompok-kelompok belajar yang tujuannya untuk mempercepat santri dalam memahami dan mengkaji kitab kuning.
Berdasarkan latar belakang di atas maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana sejarah dan latar belakang terbentuknya pengorganisasian kelompok belajar dalam pembelajaran kitab kuning, kedua, bagaimanakah pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Banyuanyar, ketiga, bagaimanakah pengorganisasian kelompok belajar dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Banyuanyar.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sedangkan sumber data diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informannya adalah ketua pengurus pondok pesantre Banyuanyar sebagian dari para ustad dan santri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, sejarah dan latar belakang terbentuknya pengorganisasian kelmpok belajar pertama berkurangnya minat santri dalam belajar kitab kuning, yang kedua bertambah banyaknya santri danmelihat terhadap kemampuan santri yang tidak sama dalam pengetahuan mereka dan banyak santri yang tidak punya dasar dalam belajar kitab, ketiga adanya tempat yang memadai untuk membentuk sebuah kelompok-kelompok dalam pembelajaran kitab kuning. Kedua, pembelajaran kiab kuning di pondok pesantren Banyuanyar berjalan sebagaimana mestinya dengan berpedoman pada aturan-aturan yang ada di dalamnya yang sudah menjadi kesepakatan dari pengasuh dan para asatid. adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren banyuanyar yaitu menggunakan metode ceramah atau metode bandongan. Ketiga, Pengorganisasian kelompok-kelompok belajar santri dalam pembelajaran kitab kuning yang ada di pondok pesantren Banyuanyar terbentuk atas beberapa tingkatan mulai dari tingkatan kelompok belajar yang tingkat pengalaman dari segi pengetahuannya tinggi maka dikelompokkan terhadap tingkatan ulya, dan yang sedang di tempatkan ke kelompok wustho A dan B yang rendah di kelompokkan pada tingkatan i’dad A dan B dan intensif A-F, yang kesemuanya itu, mulai dari Ulya sampai tingkatan i’dad A di tempati oleh siswa atau santri yang duduk di bangku aliyah dan yang sederajat, untuk i’dad B di tempati oleh kelompok santri yang duduk di bangku Mts dan yang sederajat, sedangkan untuk intensif A,B,C,E,F itu di tempati oleh kelompok santri kelas tiga aliyah yang nilainya rendah dan yang intensif D di tempati oleh kelompok santri yang kebanyakan putra dari para kyai dan khoddam atau pesuruh keluarga pengasuh.








Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 1120120106 Moh S C1
1120120106
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120106 Moh S
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
97
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?