PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Mata Pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan

LUTFI 180911563 - Nama Orang;

ABSTRAK
Lutfi 2012, Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Mata Pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Fathol Halik. M.Si

Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif

Ada empat fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan? (2) Upaya apa saja yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan? (3) Bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan?.(4) Kendala apa saja yang guru temui dalam pelaksanaan pembelajaran Partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata peelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan (2) Untuk mendiskripsikan upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan (3) Untuk mendiskripsikan Bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan (4) Untuk mendiskripsikan kendala apa saja yang guru temui dalam pelaksanaan pembelajaran Partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitaif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan. Berjalan dengan baik tingkat efektifitasnya, dan efesiennya, sangat optimal, terbukti siswa, senang belajar, dan dapat dengan mudah materi terinternalsisasi pada siswa, ada perubahan pada kemampuan berpikir (2) Upaya apa saja yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan Guru mengetahui dan menguasai materi apa yang akan disampaikan., Guru mengetahui sisi kejiwaan dan kemampuan siswa.,Menentukan kreativitas dan model pembelajaran yang membuat siswa antusias mengikuti pelajaran.dan Penilaian dan evaluasi (nilai-nilai hasil pree tes) (3) Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan. membawa siswa pada respon yang baik, karena pada siswaa terjadi perubahan pada ranah berpikir yang lebih baik, tumbuh semangat belajar yang tinggi , termotivasi untuk lebih tahu, dan memberi keakraban belajar siswa dan dapat membawa prestasi belajar yang sangat memuaskan (4) Kendala apa saja yang guru temui dalam pelaksanaan pembelajaran Partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan Limit waktu yang tersedia dalam belajar harus mampu digunakan semaksimal, Latar belakang ekonomi siswa, dan kemampuan anak yang tidak sama


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112012 0124 Lut P C1
1120120124
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120124 Lut P
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
152
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?