PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Moh. Fadlillah 180911568 - Nama Orang;

ABSTRAK



Moh. Fadlillah, 2012, Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag

Kata Kunci: Prinsip Penguatan dan Prestasi Belajar Siswa

Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian yaitu: 1) Bagaimana penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. 3) Bagaimana hasil Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui Penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. 3) Untuk mengetahui hasil Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan siswa, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah: checking, organizing, coding, sedangkan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, observasi yang diperdalam, triangulasi, dan analisis kasus negative/ uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan pada pelaksanaannya dapat membawa siswa pada gairah belajar yang tinggi karena siswa menganggap bahwa dalam belajar siswa sering di beri tugas dan bisa belajar bersama dan juga pelajaran yang bermakna karena siswa mendapatkan pujian dengan kata-kata “bagus” dan “tepat” sehingga siswa jadi pintar di dalam belajar, 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan baik faktor yang mendorong maupun yang menghambat adalah tujuan pembelajaran,materi/bahan pelajaran, guru, siswa, dan situasi, serta kemampuan siswa yang kemampuannya di bawah rata-rata, dan kurangnya kesadaran murid akan pentingnya pendidikan sehingga main-main sendiri di kelas, serta kurangnya sarana pendidikan seperti bangku di sekolah. 3) hasil penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di TK Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan bahwa hasil yang dilakukan sangatlah besar, karena terbukti guru-guru semaksimal mungkin untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan melaksanakan prinsip-prinsip penguatan belajar pada siswa dan memberikan tingkat belajar yang menyenangkan pada siswa yang menjadikan siswa jadi pintar




Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 1120120017 Moh P C1
1120120017
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120017 Moh P
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
181
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?