PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

METODE PENGAJARAN KIAI DALAM KITAB TASAWUF (MIFTAHUS SHUDUR) MELALUI MEDIA KOMPUTER DI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR LAWANGAN DAYA PAMEKASAN

MOH. JUFRI HARIYANTO 180811243 - Nama Orang;

Moh. Jufri Hari Yanto, 2012, Metode Pengajaran Kiai dalam Kitab Tasawuf
(Miftahus Shudur) Melalui Media Komputer di Pondok Pesantren Al-Kautsar
Lawangan Pamekasan, Skripsi, Program studi PAI, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing Fatekhul Mujib, S.Ag, M.Si.
Kata Kunci: Metode Pengajaran, Kiai, Tasawuf (Miftahus Shudur), Komputer.
Belajar merupakan hal yang wajib dalam agama Islam. Dalam proses
belajara mengajar guru bertindak sebagai pengajar yang berusaha memberikan
ilmu pengetahuan dan peserta didik yang menerimanya. Proses belajar mengajar
ditandai dengan unsur tujuan, metode, media dan evaluasi. Untuk mendapatkan
hasil yang maksimal, guru harus banyak memperhatikan banyak hal seperti
penggunaan metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Perkembangan zaman yang pesat banyak melahirkan teknologi pengajaran, yang
menuntut pendidik bisa menguasainya dan digunakan dalam proses pengajaran.
Keadaan seperti ini tidak memandang latar belakang pendidik. Seperti komputer
yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain karena bisa secara
langsung berinteraksi dengan peserta didik. Media ini dapat dipadukan dengan
metode-metode klasik seperti ceramah. Sehingga dapat menghasilkan cara yang
baru dalam hal mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana metode pengajaran kiai
dalam kitab Tasawuf (Miftahus Shudur) melalui media komputer di Pondok
Pesantren Al-Kautsar Lawangan Daya Pamekasan. Kedua, faktor apa saja yang
menjadi pendukung dan penghambat proses pengajaran Kiai dalam kitab Tasawuf
(Miftahus Shudur) melalui media komputer di Pondok Pesantren Al-Kautsar
Lawangan Daya Pamekasan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode
pengajaran kiai dalam kitab Tasawuf (Miftahus Shudur) dan untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat proses pengajarannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kiai, ustadz, pengurus pondok, santri. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kahadiran peneliti, ketekunan
pengamatan peneliti, serta triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, metode pengajaran kiai
dalam kitab Tasawuf (Miftahus Shudur) diawali dengan persiapan-persiapan
tertentu, mulai dari menyiapakan materi ajar, menyusun materi ajar secara
menarik dan mengetiknya dengan format power point dengan font yang menarik
disertai gambar tertentu yang sesuai dengan materi yang akan diberikan, baru
setelah itu mengajarkannya sesuai dengan jadwal yaitu hari jumat dan minggu
pagi. Namun tidak setiap pengajaran memakai media komputer (situasional).
Dasar pertimbangan penggunaan media ini adalah efektif dan sangat membantu
dalam menyampaikan materi, selain itu juga dapat memotivasi dan menumbuhkan
minat belajar santri. Dalam mengajar tidak hanya kiai saja akan tetapi pengurus
pondok juga punya bagian. Materi yang disajikan diantaranya adalah dzikir
dengan bersuara dan dzikir qalbu, hukum serta manfaatnya dan lainnya. Metode
yang dipakai oleh kiai adalah ceramah dan tanya jawab.
Sedangkan faktor yang mendukung proses pengajaran kiai adalah faktor
indogen dan ekssogen. Faktor indogen meliputi persiapan dan kesiapan dari kiai
itu sendiri dan kesehatannya baik. Faktor eksogen meliputi tersedianya sarana
prasarananya. Faktor penghambatnya dari faktor internal dan eksternal. Faktor
internalnya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyusun materi
yang akan disampaikan. Faktor eksternalnya antara lain. Faktor eksternalnya
adalah kesiapan kiai itu sendiri, medianya tidak rusak atau tidaka ada masalah,
ada tamu yang tidak terduga datangnya dan mati lampu.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112012 0048 Moh M C1
1120120048
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120048 Moh M
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
11
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?