PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pembinaan Keterampilan Membaca Al-qur’an Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Anak Panti Asuhan Raudlatul Jannah Mongging Pademawu Pamekasan Tahun 2012

Maulidur Rahman 210611134 - Nama Orang;

ABSTRAK
Maulidur Rahman 2012, Pembinaan Keterampilan Membaca Al-qur’an Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Anak Panti Asuhan Raudlatul Jannah Mongging Pademawu Pamekasan Tahun 2012, Pembimbing; Achmad Muhlis, MA

Kata kunci: keterampilan membaca, pendekatan kontekstual

Dalam penelitian ini difokuskan pada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian utama, yaitu; (1) Bagaimanakah pembinaan keterampilan membaca Al-qur’an dengan pendekatan kontekstual pada anak panti asuhan Raudlatul Jannah Mongging Pademawu Pamekasan Tahun 2012, (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca Al-qur’an dengan pendekatan kontekstual pada anak panti asuhan Raudlatul Jannah Mongging Pademawu Pamekasan Tahun 2012.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) Untuk mengetahui pembinaan keterampilan membaca Al-qur’an dengan pendekatan kontekstual pada anak panti asuhan Raudlatul Jannah Mongging Pademawu Pamekasan Tahun 2012, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-qur’an dengan pendekatan kontekstual pada anak panti asuhan Raudlatul Jannah Mongging Pademawu Pamekasan Tahun 2012.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriktif. Data yang diperoleh yaitu observasi, wawancara mendalam, Observasi partisipan, dan dokumentasi. Tekhnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Setelah peneliti melakukan penelitian maka dapat peneliti simpulkan; (1). Pelaksanaan Pembinaan Keterampilan Membaca Al-qur’an pada Anak Panti Asuhan Raudlatul Jannah Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu; a) Kegiatan pembinaan membaca alquran secara rutin, sebelum waktu masuk subuh dan setelah maghrib adalah waktu yang bagus untuk membaca alquran. pembinaan membaca al-qur’an pada anak panti asuhan secara langsung karena ingin mencetak para qori’ah yang fasih dan handal dalam mebaca Al-qur’an, dan ingin mempelajari serta merasakan kelebihan dan keagungan serta kesucian alquran, dan Al-qur’an tidak akan pernah habis dibahas dan diurai. Dan seseorang tidak akan bisa membaca alquran dengan fasih jika tidak pernah mempelajari mempraktekkannya, b) Pelaksanaan pembelajaran pembinaan membaca Al-qur’an memperhatikan aspek kefasihan anak Panti Asuhan dalam bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf, setelah faham dan mampu membaca huruf hijaiyyah dengan fasih, tahapan selanjutnya adalah mempelajari tanda baca, yaitu, fathah, kasrah, dan dhommah. menguasai atau paling tidak mengetahui mengenai isyarat baca di dalam alquran, c) Pembelajaran pembinaan Al-qur’an sebagai tanda dasar pondasi keislaman seseorang harus mendapatkan perhatian yang serius sejak dini dari para ustadz di Panti Asuhan Raudlatul Jannah. Baik tidaknya tanda keislaman seseorang juga sangat bergantung pada sejauh mana ia memahami isi dan makna kandungan Al-qur’an. (2). Peningkatan kemampuan membaca Al-qur’an dengan pendekatan kontekstual bagi Anak Panti Asuhan Raudlatul Jannah Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu; a). Dalam membaca Al-qur’an memiliki metode-metode tertentu yang diantaranya seorang pembimbing harus tahu tentang setiap kemampuan seorang anak didik dan menyesuaikan dengan kemampuannya dalam membaca Al-qur’an, b). Proses pembelajaran bimbingan membaca Al-qur’an ada pengurus keamanan yang menjaga anak panti asuhan agar anak berhati-hati dalam belajar membaca Al-qur’an dan tidak main-main, sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an dengan baik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112012 0065 Mau P C1
1120120065
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120065 Mau P
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
163
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?