PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Model Belajar Mandiri Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan

Wahdi Rofiqi 180811417 - Nama Orang;

ABSTRAK

Wahdi Rofiqi, 2012. Model Belajar Mandiri Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan. Skripsi, JurusanTarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Buna’i,S.Ag. M.Pd.

Kata Kunci:Model Belajar Mandiri, Al-Qur’an Hadits.
Ada tiga permasahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Perencanaan Model Belajar Mandiri Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan. Kedua,Bagaimana Penerapan Model Belajar Mandiri Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan. Dan ketiga, Bagaimana Hasil Penerapan Model Belajar Mandiri Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan.
Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di lembaga pendidikan SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan. Sedangkan yang menjadi responden dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, Siswa, SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Kadur Pamekasan Tahun Pelajaran 2011-2012. Dalam pengumpulan data yaitu menggunakan teknik Interview (Wawancara), Observasi dan Dokumentasi sebagai instrument atau alat pengumpul data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik penegecekan keabsahan data menggunakan, Perpanjangan kehadiran peneliti, Ketekunan pengamatan, Triangulasi.
Hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa:(1)Perencanaan model belajar mandiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadits dikatakan sudah baik, karena guru Al-Qur’an Hadits telah menyiapkan dan menyusun perencanaan pembelajaran berdasarkan unsur yang ada pada perencanaan, mulai dari RPP, persiapan bahan ajar sampai menentukan tehniknya dalam belajar mengajar seperti membuat suasana yang nyaman sebelum belajar, dan melibatkan siswa dalam perencanaan pembelajaran, walupun ada beberapa kendala yang dialami dalamperencanaan tapi guru al-qur’an hadist tetap berusaha merencanakanpembelajaran dengan baik. (2.)Penerapan model belajar mandiri pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan diterapkan oleh guru Al-Qur’an Hadits dua kali pertemuan setiap penerapan dengan melalui tahap sebagai berikut: tahap pertama pengeloaan kelas dengan mengkondisikan kelas agar dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits dapat dilaksanakan secara kondusif. Dalam tahap ini guru menawarkan kepada beberapa siswa yang fasih untuk membacakan potongan ayat-ayat Al-Qur’an. Kemudian tahap selanjutnya adalah tahap inti yang mana guru meyampaikan materi-materi yang berkenaan dengan pelajaran yang akan di ajarkan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi ,tanya jawab dan lainnyan, mengenai media yang dia pakai oleh guru al-Qur’an Hadits ialah note book untuk di jadikan tambahan dalam penerapan pembelajaran. (3.)Hasil penerapan model belajar mandiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Pamekasan dikatakan baik, karena nilai yang ada pada guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits ternyata sangat baik dan memuaskan sedangkan hasil yang dicapai oleh siswa dalam evaluasi sampai pada 80%, dan hasil perkembangan siswapun terus bertambah. Dan hasil yang diperoleh dari evaluasi yang dilakukan guru al-Qur’an Hadits menggambarkan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar mereka bisa menghafal mufrodat tentang ayat yang ada dalam al-Qur’an. Pemahaman mereka dalam mengkaji isi kandungan al-qur’an sangat bagus itu menandakan bahwa mereka menguasai terhadap materi yang diajarkan oleh guru al-qur’an hadist, walaupun ada sedikit kesulitan dalam mengevaluasi siswa tapi hasilnya cukup bagus, kesulitan tersebut kareana kurangnya buku tentang pelajaran al-Qur’an Hadits.



Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112012 0063 Wah M C1
1120120063
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120063 Wah M
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
136
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV & V
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?