PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Model Pengembangan Kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan

Subadri - Nama Orang;

ABSTRAK


Subadri, 2013, Model Pengembangan Kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.

Kata Kunci: Model Pengembangan Kurikulum, Madrasah Diniyah Nuril Anwar.

Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah Nuril Anwar adalah sebuah lembaga yang dapat mampu mengembangkan kurikulum dengan cara menerapkan berbagai macam model dengan model tersendiri, yang dapat mampu mengubah komponen-komponen yang ada sebelumnya dengan menggunakan langkah-langkah model pengembangan kurikulum yang sudah direncanakan dan telah dirancang sebelumnya sehingga pada pelaksanaan program kegiatan pembelajaran dan proses belajar-mengajar dalam sebuah lembaga pendidikan dapat berhasil dengan baik dan sempurna sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri.
Berdasarkan hal di atas, maka ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Apa yang melatar belakangi pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, kedua, Bagaimana model pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui latar belakang pengem-bangan kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, 2) Untuk mengetahui model pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif analisis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah kepala sekolah dan guru Madrasah Diniyah Nuril Anwar. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, yang melatar-belakangi pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Ada beberapa penyebab diantaranya adalah: Menyempurnakan kurikulum yang ada karena kurikulum dari Kementerian Agama sulit untuk dilaksanakan oleh para Asatidz yang rata-rata lulusan pesantren sehingga dibuat kurikulum baru yang berbasis pesantren. Kesulitan yang dialami dari Asatidz untuk menerapkan kurikulum tersebut misalnya menggunakan Silabus dan RPP karena menurut mereka kurikulum yang ada dipandang terlalu rumit untuk diterapkan dan berasumsi bahwa kurikulum dari Kementerian Agama sudah tidak relevan lagi dengan keberadaan Madrasah Diniyah.
Kedua, model pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan adalah: 1) Menggunakan langkah dengan cara melakukan analisis situasi. 2) Untuk langkah yang berikutnya menggunakan cara menentukan tujuan khusus. 3) Selanjutnya menggunakan langkah dengan cara menentukan isi materi pelajaran. 4) Kemudian menggunakan langkah dengan cara mengelompokkan atau mengorganisasi semua isi materi pelajaran. 5) Dan untuk langkah yang terakhir menggunakan cara penilaian ataupun evaluasi.
Dengan demikian, model pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Nuril Anwar yang diterapkan dekat dengan teori Model Nicholls yang mana dalam langkah yang digunakan adalah sebagai berikut: 1) Situasional analysis (Analisis situasi); 2) Selection of objektives (Seleksi tujuan); 3) Selection and organization of content (Seleksi dan organisasi isi); 4) Selection and organization of methods (Seleksi dan organisasi metode); 5) Evaluation (Evaluasi).


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura Belum memasukkan lokasi
112013148
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
skripsi PAI 2013
Info Detail Spesifik
148
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?